Kamis, 10 Mei 2012

Cara Meng-copy OS Windows 7 atau Windows XP ke Flashdisk dengan Rufus

Ketika anda merencanakan untuk menginstal OS apapun pada PC, cara terbaik dan mudah adalah dengan boot dari USB disk jika anda memiliki ISO image dari OS.

rufus icon Pada tutorial sebelumnya saya juga pernah membahasnya seperti Passcape ISO, yang memungkinkan nda untuk membuat disk bootable USB. Rufus adalah satu lagi alat freeware yang mengklaim sebagai alat tercepat untuk membuat bootable USB drive. Alat ini memungkinkan Anda untuk memilih perangkat removable yang tersedia pada PC anda dan kemudian membuat bootable disk dari gambar ISO atau default pilihan DOS yang disediakan dengan perangkat ini.



rufus Membuat Bootable USB Drive dengan Rufus

Hal ini dapat sangat berguna untuk kasus-kasus di mana :

Anda perlu membuat media instalasi dari USB bootable ISO (Windows, Linux, dll).
Anda perlu untuk menjalankan pada sistem yang tidak memiliki OS yang telah diinstal.
Anda perlu flash firmware BIOS atau dari DOS.
Anda ingin menjalankan utilitas tingkat rendah seperti low-level format.

Rufus Support : Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2 or later), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 Consumer Preview, etc.
Untuk penggunaan cukup mudah anda hanya masukan USB anda pada komputer dan jalankan aplikasi Rusuf pilih USB anda pada pilihan device dan pada bagian cluster size biarkan pada nominal default.
Pada bagian Format Options :

Anda dapat hilangkan tanda “Check device for bad blocks” Tapi jika USB anda mempunyai sedikit masalah pada baca atau tulis anda dapat menggunakan opsi ini.
Centang pada “Quick Format”.
Centang pada “”Create a bootable disk using:”. Disini anda dapat memilih CD/DVD image (ISO), FreeDOS atau MS-DOS (FreeDOS dan MS-DOS dapat dipilih jika anda ingin membuat bootable USB berbasis DOS / tanpa sistem operasi).
Centang pada “Create extended label and icon files”
Klik Start untuk memulainya.


 






Posted by Rio Houndukai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar